Ketika Calon Dokter Memilih Menjadi Penari, Review Film Dirty Dancing (2017)

Mungkin ada yang ngomong, “Katanya nggak suka film romance, kok nonton Dirty Dancing?“.

MF emang kurang suka film romantis, nggak suka bukan berarti nggak mau dan nggak bakal nonton kan? MF nonton Dirty Dancing bukan karena ini film romantis, tapi karena Nicole Scherzinger hehehe. Yep, Nicole main di film ini, jadi ya MF nonton lah. MF pikir Nicole bakal jadi tokoh utama di film ini. Judulnya aja Dirty Dancing, Nicole Scherzy penyanyi dan penari profesional, mungkin banget kan kalo doi jadi pemeran utama? Tapi nggak guys! Justru pemeran wanita utama adalah Abigail Breslin. Yep, Abigail Breslin jadi penari disini.

Terakhir lihat Abigail Breslin di film Zombieland, di film tersebut Abigail Breslin masih kecil, sekarang udah kayak MF.

johnny
Baby dan Johnny berlatih menari / dokumentasi pribadi

Dirty Dancing ini sebenarnya film tahun 1987 yang di remake tahun 2017. MF sendiri belum nonton film yang tahun 1987 nya, jadi nggak bisa bandingkan. MF lihat dari sudut pandang film 2017 nya aja ya.

Dirty Dancing bukan maksudnya film ini bakal kotor trus para penari main di lumpur sampe badan mereka kotor, enggak. Tapi “dirty” dalam artian lain. Tapi ya nggak “dirty” banget sih, biasa aja menurut MF.

baby
Baby dan Penny berlatih menari / dokumentasi pribadi

Cerita dimulai ketika Frances “Baby” Houseman (Abigail Breslin), dan keluarganya, Jake Houseman (Bruce Greenwood), Marjorie Houseman (Debra Messing), dan Lisa Houseman (Sarah Hyland), menghabiskan musim panas di sebuah resort bernama The Kellerman’s. Meski bersaudara, Baby dan Lisa sangatlah berbeda. Baby gadis yang pandai dengan ambisi yang tinggi untuk menjadi dokter seperti sang ayah. Berbeda dengan Lisa yang berambisi membangun rumah tangga dan hidup bahagia selamanya.

Baby bahkan tidak tertarik untuk berkencan dengan laki-laki manapun, bukan karena dia penyuka sejenis, tapi cuma nggak tertarik aja. Hal itu berubah ketika Baby bertemu dengan Johnny Castle (Colt Prattes), seorang penari dan guru tari di resort tersebut.

Nggak sengaja sebenarnya Baby ketemu Johnny, tapi malam itu ketika Baby membantu Billy (Casper Smart, salah satu staf Kellerman’s) membawakan semangka untuk pesta para karyawan, itulah saat pertama Baby bertemu Johnny dan Penny (Nicole Scherzinger).

Di malam berikutnya di acara yang berbeda, Baby sedang berdansa dengan Neil Kellerman (Trevor Einhorn), seorang kutu buku seperti Baby. Baby terpukau dengan penampilan Johnny dan Penny, tapi tiba-tiba Penny keluar ruangan dan meninggalkan Johnny. Baby membuntuti dari belakang dan Penny muntah di belakang ruangan. Baby melihat hal tersebut dan mengira Penny sakit, tapi ternyata Penny hamil.

Kita pasti mengira bahwa yang menghamili Penny adalah Johnny, ternyata bukan. Johnny dan Penny hanya pasangan ketika menari, Johnny sendiri menjalin hubungan dengan seorang janda bernama Vivian Pressman (Katey Sagal). Jadi siapa yang menghamili Penny? Semua akan terjawab nanti di akhir film.

Penderitaan Penny belum berakhir, Penny membutuhkan uang $250 entah untuk apa. Baby ingin membantu, tapi Johnny menolak karena ia tidak ingin berhutang pada Baby. Baby memaksa dengan syarat Johnny mengajarinya menari. Tapi, Baby meminta untuk merahasiakan kalau Baby berlatih menari karena ia tidak ingin Lisa dan kedua orang tuanya tau.

Mulai dari latihan menari bersama inilah Baby jadi dekat dengan Johnny.

Sementara Lisa, cowok pertama yang mendekatinya adalah Robbie Gould (Shane Harper), seorang pekerja paruh waktu di Kellerman’s dan calon mahasiswa Harvard. Mengetahui hal tersebut, Jake sangat menyukai Robbie, tapi ternyata kencan pertama Robbie dan Lisa tidak berjalan baik. Lisa justru membenci Robbie karena kelakuannya.

Masalah juga meliputi orang tua Lisa dan Baby. Marjorie merasa Jake sudah tidak seperti dulu, cuek, dan lebih mencintai pekerjaan daripada dia. Hal ini membuat Marjorie ingin berpisah dengan Jake. Dengan sepenuh hati, Jake akhirnya membawa Marjorie ke ingatan bertahun-tahun silam ketika mereka bertemu di The Kellerman’s dan mengikat janji suci. Akhirnya mereka batal berpisah.

Sementara itu, hubungan Baby dan Johnny semakin baik. Tapi, Jake tidak menyukai Johnny karena ia mengira bahwa Johnny bukanlah orang baik dan Jake mengira bahwa Johnny lah yang menghamili Penny.

Vivian mengetahui kedekatan Johnny dan Baby, akhirnya ia memfitnah Johnny mengatakan bahwa jam tangannya hilang dan menuduh Johnny yang mengambilnya. Untuk menyelamatkan Johnny, Baby harus mengaku bahwa malam itu ia tidur dengan Johnny dan bersaksi bahwa Johnny bukan pelakunya. Mendengar hal tersebut, orang tua Baby kaget banget, iyalah orang dikira Baby anak baik-baik taunya tidur juga sama cowok lain.

Akhirnya, semua terungkap, hubungan Johnny dan Baby tetap baik, Jake dan Marjorie tidak jadi bercerai, Lisa jadi dekat dengan Marco (J. Quinton Johnson) seorang pianis di The Kellerman’s, dan terungkap juga yang menghamili Penny ternyata adalah Robbie. Jake langsung hilang respect pada Robbie, dan bantuan yang telah disiapkan Jake untuk Robbie bahkan tidak jadi diberikan.

Tapi di akhir film, Baby tidak menikah dengan Johnny meskipun hubungan mereka baik-baik saja. Johnny melanjutkan kariernya di Broadway, sementara Baby menjadi guru tari dan menikah dengan laki-laki lain, serta telah memiliki seorang anak perempuan. Penny? Entahlah Penny kemana -_-

scherzy
Nicole Scherzinger so Hawaiian / dokumentasi pribadi

Yang menjadi pertanyaan MF adalah, Jake begitu marahnya pada Johnny setelah selesai memeriksa Penny yang tiba-tiba sakit. Awalnya Jake marah karena mengira Johnny yang menghamili Penny, tapi ternyata Jake marah karena Johnny mendekati Baby. Darimana Jake tau kalau Johnny dekat dengan Baby? Hubungan mereka bahkan nggak pernah ditunjukkan di depan umum. Trus kalau Jake tau Johnny deket sama Baby, kenapa pas tau Baby tidur sama Johnny, Jake kaget?

Agak kecewa sih MF karena Nicole Scherzinger nggak jadi peran utama hehehe, tapi it’s okay lah. Disini MF suka perannya Nicole, bukan karena saat ini MF suka sama doi, tapi karena di film Dirty Dancing Nicole kelihatan kalem gitu, bukan bad girl kayak doi di film Men in Black 3. Kepiawaian Nicole menari masih kelihatan banget di Dirty Dancing.

Film ini mengajarkan kita bahwa tokoh utama nggak selalu orang yang sempurna secara fisik, you know what I mean. Buktinya, Abigail Breslin berhasil menjadi tokoh utama, bersanding dengan Colt Prattes. Selain itu, di film ini kita juga belajar bahwa cinta yang tulus nggak selalu berakhir dengan orang yang kita anggap jodoh kita. Melihat akhir musim panas di The Kellerman’s, hubungan Johnny dan Baby semakin dekat, bahkan kita bisa menduga kalau Johnny bakal nikah sama Baby, but No!

Sayangnya, film Dirty Dancing mendapat rating buruk, bahkan masuk ke kategori film remake terburuk dari ABC. Dan MF belom nonton Dirty Dancing versi tahun 1987, jadi ya belum bisa membandingkan.

Yang disayangkan lagi, MF nggak masalah gitu kalau Johnny akhirnya sama Baby, tapi yang jadi masalah adalah Colt Prattes dan Abigail Breslin nggak kelihatan chemistry-nya. Mungkin karena kelihatan beda jauh umurnya.

Jujur saja, meskipun ada Nicole Scherzinger, MF nggak akan melulu belain film ini. Jadi MF katakan yang sejujurnya bahwa film drama romantis ini agak kikuk. Hmm, gimana ya jelasinnya, jadi kurang detail masalahnya. Misalnya aja uang yang dibutuhkan Penny itu untuk apa, trus gimana caranya Johnny tiba-tiba bisa keluar dari penjara. Nih ya, pas Johnny ditangkap polisi, Baby membela dan mau bersaksi kalau Johnny tidak bersalah, tapi nggak ditunjukin habis itu gimana. Eh tiba-tiba Johnny datang saat acara perpisahan. Trus lagi yang belum terselesaikan, gimana masalah Penny dan Robbie? Juga nasib Vivian yang tiba-tiba ditinggalkan Johnny. Jadi kayak banyak masalah, tapi nggak dijelaskan solusi dari mereka gimana, happy ending aja tau-tau.

Kalau Wayne Blair mau buat Dirty Dancing jadi film drama musikal, menurut MF nanggung. Misalnya aja High School Musical atau Les Miserable, total gitu musikalnya. Dirty Dancing kayaknya mau digabungin gitu musik dan tari, tapi gimana ya, kok nanggung gitu.

Setidaknya MF terhibur dengan kehadiran Nicole Scherzinger di film Dirty Dancing. Dirty Dancing, You should thanks to Nicole Scherzinger haha, I’m kidding 😛

Rating MF untuk film Dirty Dancing 6/10.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s