Review Film IT 2017

Yosh, baru keluar nih film IT, iya IT bacanya juga “it” bukan “ai ti”. Sebenernya temen MF udah cerita, ada film Stephen King yang keren banget. Berhubung MF nggak tau Stephen King dan doi nggak kasih tau judul filmnya apa, ya MF cuek aja. Trus beberapa hari kemudian sepupu MF kasih tahu nih film katanya tentang badut creepy gitu. Sama-sama takut lihat badut justru mendorong kami berdua untuk nonton. Akhirnya dipilihlah tanggal 13 sebagai tanggal kami nonton. Iya 13, so?

IT
Pennywise the Dancing Clown / Gambar via horrorgeeklife.com

Jadi, IT itu mengisahkan tentang seorang badut yang bernama Pennywise the Dancing Clown atau IT. Nah, badut ini nih yang jadi tokoh utama. Kabarnya, doi adalah badut yang bangkit lagi sejak 27 tahun yang lalu untuk mencari korban sebelum ia tidur kembali. Pennywise di film ini diperankan oleh Bill Skarsgård.

Cerita bermula dari seorang anak bernama William “Bill” Denbrough (Jaeden Lieberher) yang tengah membuatkan kapal untuk sang adik, George “Georgie” Denbrough (Jackson Robert Scott), karena saat itu sedang turun hujan. Setelah kapal jadi, Georgie langsung membawanya keluar dan memainkannya. Karena hujan, kapal kertas tersebut terbawa air hingga masuk ke dalam selokan.

Nah! Di sini nih pertama kali Pennywise muncul. Doi tiba-tiba muncul dari dalam selokan dan ngobrol sama Georgie. Namanya anak kecil, dengan polos Georgie menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Pennywise dan Georgie mau dibujuk untuk mengulurkan tangannya guna mengambil kapal yang sedang dipegang Pennywise. Ketika Georgie mengulurkan tangan, Pennywise langsung mengeluarkan gigi-gigi taringnya dan menggigit tangan Georgie. Georgie pun meninggal. 😦

Mulai sejak itu, Bill, kakak Georgie, mencoba untuk mencari Georgie. Ia yakin bahwa Georgie ada di dalam saluran air di kotanya dan ia tidak hilang tanpa jejak. Alhasil, Bill kemudian mengerahkan semua teman-temannya, Stanley “Stan” Uris (Wyatt Oleff), Benjamin “Ben” Hanscom (Jeremy Ray Taylor), Richard “Richie” Tozier (Finn Wolfhard), Edward “Eddie” Kaspbrak (Jack Dylan Grazer), Michael “Mike” Hanlon (Chosen Jacobs), dan satu-satunya teman cewek Bill yaitu Beverly “Bev” Marsh (Sophia Lillis).

Mereka tergabung dalam The Losers’ Club, yap mereka sering di-bully gitu. Meskipun Bill yang paling keukeuh nyari Georgie, tapi justru Bev yang diteror. Bahkan, Bev takut dengan ayahnya karena ayahnya agak psyco gitu menurut MF.

Petualangan mereka membawa mereka ke dalam saluran air. Disana mereka melihat banyak sekali anak-anak yang digantung. Bukan digantung pakai tali gitu, tapi dengan kekuatan gaib badan mereka tergantung di udara, jiwa mereka hilang entah kemana. Perbuatan siapa lagi kalau bukan Pennywise.

Yap, Pennywise muncul disana. Bill dan teman-temannya mencoba melawan Pennywise. Terlihat tak mungkin, tapi ternyata, tujuh anak ini berhasil mengalahkan Pennywise. Pennywise memang kalah, tapi ia akan datang 27 tahun kemudian!

Adegan yang paling berani menurut MF bukan saat anak-anak ini berada di rumah hantu atau melawan Pennywise, melainkan saat Bill harus berani melawan kehendak hati untuk membunuh Georgie. Karena saat itu Georgie muncul seolah-olah hidup, dan ternyata bukan. Dan dengan berani Bill menembak Georgie menggunakan tembakan milik Mike.

Menurut MF, Pennywise bukanlah satu-satunya yang horor di film ini. Soalnya ada satu hantu wanita yang bentuknya nggak simetris, hantu itu keluar dari lukisan di ruangan milik ayah Stan. Jadi setiap anak dihantui masing-masing ketakutan tersendiri.

Untuk film bergenre thriller horror dan komedi menurut MF film ini bagus. Meskipun film ini dibalut juga dengan adegan komedi dan sebagian besar pemerannya adalah anak-anak, tapi nggak bagus juga ditonton anak-anak. Ditakutkan anak-anak jadi kena Caulrophobia (phobia terhadap badut), dan ketakutan lain yang ditimbulkan dari adegan-adegan di dalam filmnya.

Satu yang menurut MF kurang pas adalah pemeran Bev. Dia satu-satunya cewek di The Losers’ Club, tapi entah kenapa bagi MF Bev terlihat lebih tua dari usianya. Nggak pas aja gitu sih.

Di akhir cerita kayak masih nanggung gitu. Perkiraan MF sih masih akan ada IT 2 yang entah kapan bakal tayang, kayaknya orang-orang Hollywood juga lagi cari pemeran mereka versi dewasa juga sih. Mungkin ceritanya juga bakal jadi 27 tahun kemudian tapi tidak ditayangkan 27 tahun kemudian. Kalo perkiraan MF sih, di film IT 2 nanti yang diganggu Pennywise anak-anak dari The Losers’ Club trus mereka diselamatkan sama orang tua mereka.

Cinta lokasi? Bill sama Bev? Hmm, MF nggak terlalu berharap sih, kurang cocok aja menurut MF.

Keseluruhan cerita, dari nilai 1 sampai 10 MF kasih nilai 8 untuk film ini. Recommended.

Advertisements

3 thoughts on “Review Film IT 2017

  1. For Sahabat MF,kalo menurut opiniku mengenai film IT ini ngga serem sama sekali,but justru malah menjijikan dengan wujud hantu badut-badutnya yang terlalu full of bloods and full of saliva and mucus in their mouth(air liur dan lendir di mulut mreka) Tapi ini salah satu film horor yang pertama kali sukses bikin aku sukak dan interest karena kusuka bagian unik tipu daya clown creepynya,and sukak sama tekad para losers club yang cukup berani menentang ortunya demi kesetia kawanannya dengan teman-teman lainnya dan demi saling membantu sertamenyelamatkan temannya.
    and then.. kalo menurut sahabat MF sendiri bakal ada IT 2,apakah nantinya salah satu dari the losers club akan ada yang mati ditangan pennywise dan tidak terselamatkan?

    1. Iya, jadi lebih ke thriller ya filmnya. Banyak darah karena tujuan Pennywise hidup kembali utk makan anak-anak. Kalo menurut MF IT 2 nggak ada yang meninggal, karena di IT yang ini mereka bisa jaga kekompakan meskipun sempat mereka berantem tapi akhirnya baikan lagi. Dan kalau udah dewasa, solidaritas mereka pasti lebih kuat.

      1. Hmm bener sukak sama solidaritasnya, and I love the ending ,meski kasian sama george yang ga bisa balik lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s