Review Film “The Conjuring 2”

Minggu-minggu ini lagi euphoria nya film The Conjuring 2. Orang Indonesia kayaknya demen banget sama film horor, termasuk MF. Kali ini pas banget abis ujian akhir semester, jadi MF bisa bebas nonton.

MF sendiri excited banget ada film ini. Soalnya film Conjuring 1 lumayan sukses juga bikin deg-deg an. Terlebih lagi ini film diambil dari kisah nyata yang katanya pengalaman paling serem dari Ed dan Lorraine Warren.

Jadi, cerita ini berawal dari Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) yang mencari tahu misteri di Amityville. Pembunuhan yang dilakukan oleh Ronald DeFeo Jr. terhadap keluarganya. Nah, Lorraine menyelidiki tuh, masuk ke masa dimana DeFeo membunuh keluarganya. Trus waktu di basement, Lorraine melihat sesuatu eh ternyata Valak. Tapi waktu itu kan doi nggak tau kalo itu Valak. Makanya abis menyelidiki kasus rumah Amityville ini Lorraine nggak mau lagi memecahkan misteri apalagi melakukan exorcist lagi.

valak
Valak / Gambar via weekinweird.com

Beberapa tahun kemudian, tepatnya di tahun 1977 di London, Inggris, keluarga Hodgson merasa ada yang tak beres dengan rumahnya. Keluarga yang terdiri dari Ibu dan empat orang anak ini awalnya tak menyadari ada keanehan di rumah. Hanya saja, salah satu anak Peggy Hodgson (Frances O’Connor), yaitu Janet Hodgson (Madison Wolfe), merasa ada yang tak beres di rumahnya dan setiap malam ia selalu diganggu.

Hal itu membuat Janet dan sang kakak, Margaret Hodgson (Lauren Esposito) dihantui setiap malam. Janet pun setiap malam berbicara sendiri. Janet juga sering berpindah tempat ketika tidur. Awalnya sang ibu tak percaya, namun Peggy kemudian melihat sendiri kursi bergerak, barang-barang jatuh, dan keanehan lainnya.

Kemudian, Peggy, Margaret, Janet, Johnny Hodgson (Patrick McAuley), dan Billy Hodgson (Benjamin Haigh), pergi ke rumah tetangga mereka, Peggy Nottingham (Maria Doyle Kennedy) dan Vic Nottingham (Simon Delaney).

Beberapa hari mereka tinggal di rumah keluarga Nottingham, hingga Bill melihat Crooked Man (Javier Botet), makhluk yang berasal dari mainannya. Tapi sayangnya, pindah ke rumah keluarga Nottingham tak menyurutkan para hantu mengganggu keluarga Hodgson. Bahkan, Janet masih tetap dirasuki arwah sang pemilik rumah keluarga Hodgson dulu, yaitu Bill Wilkins (Bob Adrian).

Niat Lorraine Warren yang tidak ingin bergelut dengan dunia exorcist lagi akhirnya tak terpenuhi. Gereja meminta pasangan Warren untuk melihat keadaan keluarga Hodgson. Akhirnya, Ed dan Lorraine Warren menangani kasus ini.

Valak yang ditemui di kejadian Amittyville kembali muncul. Valak sebenarnya iblis yang berupa anak kecil, tapi disini digambarkan dengan makhluk berpakaian biarawati.

Di suatu malam, terjadi keanehan dimana barang-barang seperti mengamuk dan berterbangan di udara. Seolah ada yang mengaturnya, benda-benda itu menghantam tembok, hingga hampir menghantam orang yang ada di sana.

Namun, ketika dilihat di video, ternyata itu semua terjadi karena Janet membanting benda-benda tersebut. Ini hal yang aneh, karena saat itu Janet tidak melakukan apapun, namun di video memperlihatkan semua itu ulah Janet.

Semua geram, termasuk Ed dan Lorraine Warren. Mereka akhirnya memutuskan pulang ke Amerika. Namun ketika di kereta, Lorraine sadar bahwa itu bukanlah kesalahan Janet. Janet tetap dalam pengaruh setan. Pasangan Warren kemudian turun dari kereta dan kembali ke rumah keluarga Hodgson. Dan benar saja, hal yang lebih mengerikan terjadi. Disinilah pertarungan dengan Valak terjadi.

Okey, segitu aja deh sinopsisnya. Nggak detail tapi panjang juga ya, hehehe.

Jadi di sini, MF mau komentar sama filmnya. Karena terlalu berharap mungkin, MF jadi agak kecewa karena seremnya nggak sampai bikin nightmare. Atau rasa takut MF udah berkurang gara-gara sering nonton film horor ya, entahlah.

Di sini ada tiga hantu, yaitu Bill Wilkins, Crooked Man, dan si tokoh utama, Valak. MF nonton ini nggak sampai jerit-jerit, cuma kaget aja pas Bill Wilkins tiba-tiba muncul di air yang menggenang di basement. Padahal berharap seisi bioskop sampai jerit-jerit, kan seru gitu, hahaha.

Jujur aja yang paling serem dari ketiga hantu itu adalah Bill Wilkins. Apalagi waktu suara Bill Wilkins direkam, itu horor. Dan bentuk Bill Wilkins itu setan banget, setan jahat. Valak mah menang make up aja, hehehe.

Yang paling nggak serem ya Crooked Man. Ada Crooked Man malah bikin ini film nggak kelihatan horor, soalnya Crooked Man digambarkan dengan animasi gitu. Jadi kayak Jack Skellington di film Nightmare Before Christmas. Kan nggak serem ya? Itu sih yang disayangkan.

Dan lagi, Valak di sini cuma nongol-nongol doank. Hampir pasif perannya. Udah jarang keluar, begitu keluar gampang banget diusir. Cuma diteriakin namanya trus suruh pulang ke neraka sama Lorraine Warren, udah ilang. Gampang banget! Padahal doi paling sering diomongin dan paling banyak dibikin meme, hehehe.

Tapi ada beberapa scene yang bikin tegang sih. Buat yang takut sama film horor dipastikan jerit. Kalau MF kasih nilai diantara 1 sampai 10, MF kasih nilai 8 untuk The Conjuring 2.

Yang belom nonton buruan nonton gih 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s