Lagi-lagi Cabut Gigi Geraham

Sebenarnya MF nggak suka penderitaan berlanjut, yah siapa juga yang suka ya. Yosh! MF kembali cabut gigi geraham lagi, tapi ini yang atas. Yang lalu masih sakit, bukan di bagian gigi atau gusinya tapi di rahang. Entah ini gegara apa.

Jadi diputuskan setelah lebaran MF cabut gigi lagi. Sebenarnya sih tanggal 3 Agustus, segala persyaratan udah lengkap tinggal operasi aja, eh ruangan abis. Udah kayak hotel aja nih rumah sakit, full booked. Musti nunggu lagi dan telpon rumah sakit tiap hari buat ngecek ada ruang atau enggak.

Hiburan selagi dirumah sakit, ya Film dari laptop (dokumentasi pribadi, taken by ASUS Zenfone 4)
Hiburan selagi dirumah sakit, ya Film dari laptop (dokumentasi pribadi, taken by ASUS Zenfone 4)

Padahal itu timing bagus banget, kan MF mau KRS an tuh, btw tau kan KRS apaan? Itutuh Kartu Rencana Studi, cari jadwal gitu lah. Nah diundur dari tanggal 3 ke tanggal 10, tadinya MF pikir kalau tanggal 3 operasi kan tanggal 10 udah kelar tuh operasi, jadi tenang KRS an, hehehe. Oke ini nggak penting dibahas!

Akhirnya setelah menunggu, telpon ke RS dan dapet kamar, tapi lagi-lagi kelas tiga! Yang lebih parah sekamar delapan orang bray, delapan orang! Antri kelas satu? dapet nomor urut ke enam lebih, ya kalau masih libur kalau udah masuk kuliah kan berabe, males kan kuliah tapi gigi sakit?

Akhirnya dengan sangat dan lebih berat hati MF iya in aja. Jujur aja di operasi kedua ini MF lebih takut dari yang pertama. Masalahnya ini gigi atas bray. Katanya sih gigi atas nyalur ke saraf mata, salah cabut bisa berbahaya kena mata, paling parah bisa buta, ini nih yang bikin MF takut banget.

Sempet MF tanyain ke dokter masalah saraf mata ini, tapi kata dokter nggak papa sih. Oke deh aku percaya dokter.

Sampai tiba saatnya MF dibawa ke ruang operasi. Lagi-lagi ada yang nggak beres kayak waktu operasi pertama dulu, kalau dulu sih emang gara-gara MF sendiri yang kebelet pipis. Tapi ini kesalahan perawatnya. Infus MF lupa dikunci, jadi begitu direbahin, darahnya naik ke infus.

Begitu ke ruang anestesi, baru deh para dokter muda itu panik. Namanya juga dokter muda ya, pengalaman masih kurang dari dokter senior, iyalah! Mereka panik, iya panik!

Dokter senior yang disitu cuma kasih instruksi aja nggak turun tangan. Trus diganti sama dokter muda lain yang agak senior dari sebelumnya, yah MF agak tenang kan soalnya dokter senior bilang, “Kamu (nunjuk dokter muda pertama yang panik tadi) lihat dia (nunjuk dokter muda yang agak senior dari sebelumnya), lihat tuh caranya bikin mengalir.”

MF agak tenang, tapi malah lebih sebel, si dokter muda yang dibangga-banggain tadi mencet-mencet jarum infus MF, yah jelas sakit lah. Iya MF jerit dikit, trus si dokter cuma bilang, “Sakit ya?,” sambil bener-benerin infus.

Dalam hati, “IYALAH SAKIT, ITU JARUM NUSUK-NUSUK DI DALEM!!!.”

Belom ngalir, si dokter mencet-mencet lagi, sial! Akhirnya MF dibawa langsung ke ruang operasi dan jalan keluarnya diganti itu infusnya, abis itu udah nggak tau sih gimana lagi orang udah dibius.

Begitu sadar, MF langsung bangun dan nyoba ngeliat sekitar. Daaaaan Alhamdulilah, MF masih bisa melihat 😀

Hari berikutnya, MF agak kaget sih soalnya makannya udah pakai nasi. Biasanya sampe pulang makannya bubur terus. Tapi ya udah deh MF makan aja.

Trus siangnya MF dibawa ke ruang dokter buat kontrol sebelum pulang. Seperti biasa infus dihentikan dan diletakkan dipangkuan MF, hehehe. MF dibawa pakai kursi roda jadi ya dipangku aja infusnya.

Tapi lagi-lagi ini darah naik lagi ke infus. Perawat yang bawa MF agak panik gitu, trus sampai di depan ruang dokter kan nunggu dulu tuh, si mbak perawat langsung cari infus baru buat MF.

Laamaaa banget carinya, nggak tau tuh si mbak ngambil dari mana dan akhirnya darah MF membeku dan si mbak perawat panik. Infusnya juga nggak jadi diganti gegara abis ini MF bakalan pulang. Yaudah minum aja deh mbak infusnya, kan haus abis lari cari infus, hihihi #tawajahat.

FYI, si mbak perawat yang bawa MF itu tadi masih semester dua katanya. MF juga nggak nyalahin, tapi geli waktu paniknya aja hehehe.

Trus abis dari ruang dokter dan setelah MF dinyatakan boleh pulang, MF kembali ke ruang rawat buat cabut infus. Kali ini yang ambil infus si mas temennya mbak perawat tadi. Begitu dicabut, darah langsung mengucur kayak pancuran. Seriusan ini!

Gara-gara darah beku tadi, trus kan dilepas tuh infusnya jadi mengalir, dan darahnya panas gitu rasanya, diseduh enak kali ya -_-“

Lubangnya di tekan pakai alkohol masih belum berhenti, ditutup plester tetep ngucur. Si mas tambah gemetaran. Trus ditutup pakai plester yang lebih besar dengan tangan yang masih gemetaran dan si mas lari nyari bantuan.

Pas si mas gemetaran MF pengen tanya gini nih, “Mas masih semester dua ya?.” Hehe tapi nggak jadi, kasian udah gemeteran tambah gemeteran lagi ntar.

Akhirnya datanglah beberapa perawat yang lebih senior mengatasi masalah infus ini. Dan sret sret, entah si mas perawat senior pakai apa akhirnya darahnya berhenti. Fyuuh…..

Abis itu MF langsung mandi dan pulang. Nggak enak banget sehari nggak keramas.

Setelah itu MF langsung bisa makan nasi. Ya makan seperti biasa sih cuman dikit. Dan kata dokter memang gigi atas dan gigi bawah cepet gigi atas sembuhnya. Karena gigi bawah disana ada cairan getah bening, jadi butuh penyembuhan yang lebih lama.

Ooohh gitu dok, pantes udah enak aja gitu makan nasi.

Oiya satu yang penting, ini lidah nggak tambah tebel. MF kira bakalan tebel lagi karena anestesi ternyata enggak. Dan sebelah kiri yang kemaren mati rasa udah agak bisa merasakan, cuma terlalu kuat. Pedes dikit aja udah pedes banget berasanya, beda sama lidah normal. Trus kalau MF pegang lidah bagian ujung, yang pangkal ikutan berasa, Nah loh!

Akhirnya selesai sudah MF cabut mencabut giginya. MF nggak mau lagi dah. Tapi masih sakit sih sebenarnya, saat MF nulis artikel ini juga masih sakit. Tapi kata dokter itu wajar karena abis operasi, ntar lama-lama ilang. Oke dok, aku percaya dokter.

FYI aja ya ini, asuransi itu penting. Dan pakai asuransi yang bisa atau kebanyakan dipakai di rumah sakit atau di dokter praktek, misalnya BPJS nih. Gara-gara BPJS juga MF dua kali operasi gratis, hehehe. Kalau di rumah sakit tetangga sih empat gigi Rp 15 juta an. Lah mending buat buka warteg, hahaha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s