Belajar Membatik di Kampung Batik Laweyan

Yosh! ini liburan singkat MF di Solo. Iya singkat, orang cuma sehari doank. Walaupun sehari, tapi berkesan buat MF, kenapa? soalnya liburannya nggak cuma foto-foto, makan-makan, duduk-duduk, liat-liat doank! Tapi MF juga belajar, belajar membatik, hehehe. Nggak tanggung-tanggung, MF langsung datengin pusat pembuatan batiknya, yup! di Kampung Batik Laweyan Solo.

Spanduk Batik Puspita Mekar (dokumentasi pribadi, taken by Canon Photoshot A2300)
Spanduk Batik Puspita Mekar (dokumentasi pribadi, taken by Canon Photoshot A2300)

Sebenernya ini bukan kali pertama sih MF membatik, waktu SMP kelas 9 udah pernah, tapi nggak full, namanya juga kerja kelompok musti berbagi kan. Tempat membatik yang MF datangi namanya Batik Puspita Mekar, milik Bapak Haji Mufid. Dari depan terlihat seperti butik biasa, tapi dalamnya, beuh… kita bisa membatik sepuasnya, hehehe.

Disini MF dipandu oleh Mas Ferry, anak Pak Mufid, yang sekarang menjadi penerus Batik Puspita Mekar. Untuk bisa belajar membatik di sini, dibutuhkan biaya Rp 80.000,- untuk kursus singkat dan pembuatan kaos. Jadi disini kita dapat kaos dengan gambar dan warna sesuka kita. Awal masuk kesana MF udah agak nervous, kenapa? soalnya kita diminta gambar kaos sendiri, nah MF kan nggak bisa gambar bagus, tapi untungnya gambarnya dijiplak kok šŸ˜€
Batik Puspita Mekar menyediakan banyak model gambar yang bisa dijiplak, pilih sesuka kita mau gambar yang mana. Membatik pakai canting itu nggak gampang loh, jadi nanti setelah gambar yang kita jiplak jadi, kita serahkan kaos kita ke pembatik yang sudah profesional, biar jadinya cepet. Dan nggak cuma batik tulis, kita boleh menambahkan motif batik cap juga di kaos kita.

Mas Ferry (kiri) dan Pak Hadi (kanan), sedang praktek membatik (dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300)
Mas Ferry (kiri) dan Pak Hadi (kanan), sedang praktek membatik (dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300)
Suasana di dalam ruang membatik (dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300)
Suasana di dalam ruang membatik (dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300)
Proses batik cap (dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300)
Proses batik cap (dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300)
Proses membatik dengan teknik batik tulis (dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300)
Proses membatik dengan teknik batik tulis (dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300)

Kenapa nggak membatik sendiri di kaosnya?
Eits jangan protes dulu! Membatik pakai canting itu nggak gampang loh, pasti deh buat kita para pemula pada belepotan, belum lagi lamanya kita membatik, pasti gambar se kaos jadinya lama banget, namanya juga pemula. Makanya kita diperbolehkan meminta pertolongan pada mereka para pembatik profesional, hehehe.

Jadi disana cuma jiplak gambar donk?
Nggak kok tenang aja, setelah selesai dibatik pakai lilin, kaos diserahkan pada kita lagi untuk diwarnai gambarnya. Jadi tugas utama kita disini menjiplak gambar dan mewarnai. Tapi tenang aja, buat kamu yang pengen belajar membatik dan penasaran banget gimana sih rasanya membatik, disini disediakan kain seukuran sapu tangan untuk belajar membatik, kainnya boleh dibawa pulang dan diwarnai juga lho, hehehe asyik kan,,,,

FYI nih, Batik Puspita Mekar jadi pemasok baju batik di Batik Keris, wuiih keren kan…? Kata Mas Ferry juga, Batik Puspita Mekar menjadi pelopor booming nya batik di atas kaos/baju, yang sebelumnya batik hanya ada di kain. Makanya, Batik Keris melirik ide kreatif ini dan menjadikan Batik Puspita Mekar sebagai rekan kerja.

Fuiih…. selesai juga mewarnai, setelah diwarnai kaosnya nggak langsung dibawa pulang, tunggu pewarnaan dan pengelupasan lilinnya. Kurang lebih 14 hari baru kaos bisa diterima, maaaaakkk lamaaaaa….. sabar sabar…..

Note buat kalian yang pengen kesini, bikin janji dulu ya sama yang punya, hehe so pasti laah. Trus sebaiknya kalian berkelompok deh, jangan cuma 1 orang, males juga kali ngajarin satu orang doank ditengah kesibukan mereka, paling nggak ada 10 orang laah,,, Okey? šŸ˜€

Pada penasaran sama Pak Haji Mufid? ini beliau >>

Pak Haji Mufid (dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300)
Pak Haji Mufid (dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s