Menikmati Camp di Dataran Tinggi Salatiga

Selamat tahun baruuuuu……..

Hahaha telat banget deh. Tapi nyambung juga ya, soalnya MF kesini pas bulan Januari. Jadi ceritanya MF dan teman – teman MF lagi kemah di Pondok Remaja Salib Putih, Salatiga. Pondok Remaja Salib Putih ini lokasinya di Salatiga, arah ke Kopeng. Kurang lebih 4 km dari Kopeng. So pasti tempatnya dingin. Ada yang belum tahu Salatiga itu dimana? Okey deh, jadi Salatiga itu suatu kota di Jawa Tengah, dekat Kabupaten Semarang. Kalau dari Semarang kurang lebih satu jam ke arah Selatan. Tempatnya sejuk, di dataran tinggi gitu. Pas banget buat yang pengen menikmati sejuknya udara.

Pondok Remaja Salib Putih ini biasa digunakan untuk kegiatan agama. Disana disediakan tenda – tenda yang bisa muat 6 orang. Nggak usah takut kedinginan, soalnya alas tendanya dari matras dan empuk pula. Tempat untuk mendirikan tenda nggak langsung diatas tanah atau rumput, tapi diatas bak pasir. Jadi nggak ada tuh yang namanya kita tidur, bangun – bangun badan kita basah gara – gara embun. Jangan khawatir juga kalau battery HP atau laptop atau alat elektronik kamu lowbat, di depan tenda ada stop kontak gitu, jadi kita bisa nge-charge disitu tanpa dipungut biaya, asyik kaaaannnn?????

Buat kamu – kamu yang khawatir gampang kebelet pipis, hehehe. Di sekitar tenda ada kamar mandinya. Besar, terang, dan bersih pulak. Mau internetan pakai modem di kamar mandi juga bisa, disana ada ruang tunggu dan stop kontak jadi jangan takut battery abis.

Untuk masalah makanan, memang sih disini jauh dari keramaian kota, jadi keluar pondok nggak bisa langsung dapet tukang nasi goreng, apalagi mereka lewat, jangan harap. Soalnya, diluar pondok daerahnya sepi, bahkan jauh dari rumah penduduk, jadi memang daerahnya dikhususkan untuk istirahat, melepas stress, jadi keluar pondok biar jadi fresh, hehehe. Trus gimana kita makan? Nah! Jadi disini kita nggak kemah asal kemah. Di Pondok Remaja Salib Putih ini ada paket – paket menginap untuk kita yang mau menginap, termasuk makan, coffe break, dan kegiatan kita selama disana. Jadi nanti kita milih tuh, kita mau makan apa, kita mau ngapain disana, snack nya juga mau apa aja. Disana MF cuma dua hari satu malam, jadi berangkat Sabtu siang, pulang Minggu siang.

Kalau untuk masalah makan, kemarin MF mulai makan malam hari. Jadi disana disediakan menu banyak banget, dan kita bisa ambil sesuka kita, ada snack, makanan utama, makanan penutup, dan yang selalu ada adalah kopi dan teh, yang kita bisa tuang sendiri sesuka kita. Buat yang doyan ngopi atau ngeteh, cucok tuh bawa botol, hahaha. Tapi inget aja, jangan kalap!

Untuk kegiatan, rencana kami mau ngadain pesta api unggun gitu sambil bakar jagung. Tapi, karena hujan jadi nggak bisa. Padahal kayu udah ditata buat api unggun tuh. Akhirnya kegiatan di dalam ruang pertemuan yang berupa tribun luas dan bakar jagung disana. Dan jangan salah ya, jagung bakar paling enak yang MF rasain ada disini. Jagung bakarnya manis dan empuk, walaupun kenyang tetep aja jagungnya nambah, hehehe.

Oiya, disini nggak cuma ada perkemahan. Jadi perkemahan ada di bagian bawah, dan bagian paling atas ada kolam renang. Di dekatnya ada semacam penginapan mirip hotel. Tamannya juga tertata rapi, ada ayunan juga buat kamu yang pengen mengenang masa kecil, hehehe. Untuk kegiatan siang hari, kami ikutan paket field trip, memerah susu sapi, cara mencangkok, dan membuat kopi. Sapi, kebun kopi, dan semuanya itu milik pondok lhoo, jadi kebayang kan luasnya seperti apa?

Penginapan yang ada di Pondok Remaja Salib Putih. Dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300
Penginapan yang ada di Pondok Remaja Salib Putih. Dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300
Kolam yang ada di atas. Dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300
Kolam yang ada di atas. Dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300

Pas mau ke kandang sapi nya, kita melewati kebun coklat. Yang mau coklat petik aja, nggak dimarahin kok, tapi itu untung – untungan kalau coklatnya pas berbuah, hehehe. Nah, pas itu MF dapet coklat, pas dirasain kok asem ya?

Buah coklat yang masih di pohon. Dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300
Buah coklat yang masih di pohon. Dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300

Sampailah kami di kandang sapi, yeay 😀 (seneng banget liat sapi). Disini kita memerah susunya, dan di dekat kandang ada tempat pengolahan kotoran sapi menjadi gas, jadi semua bisa dimanfaatkan dan diolah dengan baik oleh mereka, hebat yaa 😀

Sapinya masih anteng mau diperas susunya. Dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300
Sapinya masih anteng mau diperas susunya. Dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300

Untuk harga sewa, jangan tanya MF ya, soalnya takut harga berubah – ubah, mending hubungi aja pihak Pondok Remaja Salib Putih langsung. Tempat ini rekomended banget buat kalian yang pengen hang out bareng temen, kumpul keluarga, atau yang mau berduaan sama pasangannya, hihihi.

Nih MF tambahin foto pemandangan dari atas.

Pemandangan di pagi hari dari perkemahan. Dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300
Pemandangan di pagi hari dari perkemahan. Dokumentasi pribadi, taken by Canon PowerShot A2300
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s